Ticker

6/recent/ticker-posts

Panduan Menentukan Kamera Traveling Terbaik

 Apakah itu camera poket? Jawabnya sederhana: Camera yang muat di saku, namanya camera poket. Buat anda yang menyukai jalanan alias beberapa traveler, kamera pocket terbaik benar-benar pas buat anda dengan beberapa fakta. Pertama, harga semakin lebih murah dibanding camera DSLR. Ke-2, tak perlu repot naruhnya, ukurannya kecil mungil hingga cukup di saku celana anda. Ke-3, benar-benar mudah dibandingkan dengan camera DSLR.




Sekarang ini sebagian besar produsen camera keluarkan produk camera poket dengan beberapa variasi serta tehnologi. Dari mulai merek Sony, Samsung, Kodak, Canon, Nikon serta kawan-kawan mereka yang lain. Ada yang murah di bawah 1 juta, ada juga yang harga seperti camera DSLR. Ehm, dari banyaknya camera poket, bagaimana anda pilih satu camera poket yang pas buat anda? Jangan tergesa-gesa pilih camera poket dahulu, ketahui dahulu sangkut-paut camera poket pada umumnya.

Deskripsi pada umumnya, yang perlu anda kenali dari camera poket ialah:

  • Lensa:anda harus tahu berapa wide lensa yang dipunyai satu camera poket. Camera poket yang mempunyai lebar lensa minimum 24mm telah bagus.
  • Resolusi: berapakah megapixel kekuatan camera poket? Resolusi memang mendukung kualitas photo, tetapi harus diingat: Camera poket dengan resolusi tinggi tidak selamanya lebih baik dibanding camera dengan resolusi semakin rendah. 
  • memory card: Rerata camera poket memakai SD card, tetapi ada banyak merek yang memakai memory card spesial. 
  • Baterai: Berapakah lama ketahanan baterainya serta anda harus tahu berapakah harga baterai cadangan.
  • Rekam jejak merek: mencari tahu dahulu apa sang pacar ahli dalam soal per-poket-an.
  • Garansi: Cari info berapakah lama garansi serta pasti ketahuin ketentuan&ketentuan garansi itu. 
  • Bodi: gemuk atau langsing benar-benar bergantung hasrat. Makin langsing semakin fleksibel naruhnya di saku. Umumnya camera poket yang tubuhnya gemuk memiliki feature yang semakin lengkap.

Semua data mengenai camera poket akan kita kenali di Detail camera. Semua online store pasti mengikutkan Spec Camera dengan komplet. Bila tidak komplet, jangan beli ke web itu (bila online). 

Bila beli ke Toko Camera, tekankan anda meminta Spesikasi Camera, Jangan malu minta atau menanyakan apakah yang anda tidak kenali. Yang penting anda baca di spec-list ada 11 poin mirip contoh spec-list berikut ini:

Spec-list Canon S95 di atas cuma yang secuil dari beberapa puluh spec yang tercatat. Silahkan kita kupas satu demi satu:

  • Image Sensor. Camera poket sekarang ini rerata mempunyai resolusi tinggi. Resolusi tinggi dapat mendukung kualitas photo (tetapi tidak selamanya). Saya anjurkan pilih yang di atas 10 Mega Piksel
  • Lens. Dasar wide atau tidaknya lensa harus disaksikan dari angka yang saya lingkari, jangan baca yang 5.2 (W) - 26.0 (T) mm. 24 (W) - 120 (T) mm berarti lensa camera ini memiliki zoom 24mm - 120mm. Lensa dengan pojok lebar akan mempermudah beberapa traveler dalam menyimpan photo landscape. Saya anjurkan untuk beli yang 24mm.
  • Focusing Range. Jarak konsentrasi ini terkait dengan kekuatan macro camera poket. Makin dekat kekuatan focusing, semakin bagus juga beberapa foto makro anda. Saya pendapat pilih yang memiliki jarak makro 3 cm sampai 10 cm.
  • ISO. Rerata camera poket mempunyai kepekaan sensor (ISO) paling rendah di angka 80-100. ISO 80-100 pas untuk motret landscape sebab grain-nya halus, sedang ISO tinggi seperti 3200 pas untuk motret malam hari (dengan grain kasar untuk resikonya).
  • Shutter. Camera yang mempunyai shutter speed di atas 10 detik mempunyai kekuatan untuk blub di model M (manual). 
  • Flash. Harus ada model flash Off, model ini akan membuahkan photo semakin alamiah.
  • Tembakan Model. Harus ada huruf M di spec-list. Dengan model M anda akan mendapatkan hasil photo yang sesuai tekad anda dalam soal penyinaran.
  • Continuous Tembakan. Berapa cepat camera poket tangkap gambar dalam 1 detik. Tekankan anda pilih camera dengan kekuatan lebih dari pada 1 shot per detik.
  • Data Tipe. Terkait dengan kualitas file yang di capture camera. Tekankan membeli camera yang mempunyai file RAW.
  • Dimensions. Melihat berapa gemuk camera poket yang akan anda membeli. Semakin tipis semakin handy.
  • Weight. Camera poket yang berat kadang kurang nyaman dibawa traveling. Saya anjurkan pilih yang tipis serta muat di saku

Tidak semua spec daftar seperti di atas, itu adalah contoh saja. Pada intinya beberapa poin di atas harus jadi perhatian. Lainnya kira saja untuk bonus, jenis video, koreksi di camera, framing, image slideshow dll-nya.

Dari sisi harga, camera poket benar-benar variasi, makin mahal semakin hebat juga camera poket itu. Biasalah ada harga ada rupa.

Post a Comment

0 Comments