Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi merupakan bab badan yang paling besar lengan berkuasa selain tulang, alasannya yakni itu biasanya fosil insan ditemukan dalam bentuk tulang belulang atau bab giginya. Meski merupakan bab badan terkuat, gigi juga sanggup mengalami problem apabila tidak dijaga dengan baik. Gigi yang sehat yakni gigi dengan barisan yang rapi, tidak berlubang, berwarna putih padat dan tidak mempunyai karang gigi. Banyak orang masih mengabaikan kesehatan gigi dan lisan padahal di dalam gigi terdapat banyak saraf yang terhubung pribadi dengan otak. Masalah paling umum pada gigi yakni gigi yang berlubang dan amis lisan tidak sedap. Anda tentu tidak mau mengalami problem ini, berikut yakni beberapa tips menjaga kesehatan gigi.
  • Ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali
Kebiasaan satu ini masih jarang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali sanggup mencegah banyak sekali problem pada gigi dan mulut. Gigi yang berlubang juga sanggup ditambal sedini mungkin sebelum lubang semakin besar dan menjadi penyakit yang menyakitkan. Dokter juga akan membersihkan karang gigi sehingga tidak mengganggu pertumbuhan gigi dan menjaga kesehatan gusi.
  • Gosok Gigi Dua Kali Sehari
Kebiasaan yang sangat sederhana namun masih banyak yang melaksanakan kesalahan. Menggosok gigi yang baik yakni sebanyak dua kali sehari memakai sikat gigi yang bulunya sesuai dengan gusi sehingga tidak melukai gusi. Waktu yang benar menggosok gigi yakni sehabis sarapan dan sebelum tidur malam. Dengan begitu kuman dan kuman yang bersarang di lisan sanggup diminimalisir dan dikendalikan sebelum masuk lebih jauh ke dalam tubuh.
  • Obat Kumur dan Flossing
Jika sikat gigi dirasa masih belum cukup Anda sanggup melaksanakan perawatan komplemen dengan obat kumur dan flossing. Pilihlah obat kumur yang mengandung alkohol paling sedikit alasannya yakni alkohol sanggup menciptakan lisan Anda kering. Pastikan juga kandungan dalam obat kumur tidak menjadikan reaksi alergi pada badan Anda alasannya yakni obat kumur dibentuk dari bahan-bahan kimia. Gunakan obat kumur maksimal dua kali dalam seminggu biar tidak berlebihan dan justru merusak kesehatan gigi dan lisan Anda. Untuk flossing, atau memakai benang gigi untuk membersihkan kotoran gigi di sela-sela yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, perhatikan penggunaannya. Jangan sentuh bab benang yang akan dimasukkan ke dalam lisan biar higienis dari kuman dan kuman. Tidak perlu memaksakan penggunaan flossing apalagi kalau berakibat menciptakan sela-sela gigi menjadi meregang.
  • Konsumsi Makanan Kaya Serat
Makanan yang kaya dengan serat akan membantu membersihkan gigi sehingga gigi tetap putih dan bersih. Beberapa masakan yang cocok untuk membersihkan gigi contohnya yakni buah apel, wortel, dan seledri. Ketiga masakan tersebut mempunyai tekstur yang pas untuk membersihkan gigi dari kotoran yang menempel.
  • Kurangi Kopi
Batas konsumsi kopi yang disarankan untuk orang cukup umur maksimal yakni 4 gelas kopi sehari. Mengonsumsi terlalu banyak kopi setiap harinya sanggup menciptakan gigi Anda berubah warna menjadi kuning gading yang sulit untuk diputihkan kembali kecuali dengan perawatan khusus. Kopi juga mengandung asam yang sanggup merusak gigi sehingga bagi Anda penggemar kopi apalagi yang hobi merokok sambil minum kopi sebaiknya ubah kebiasaan jelek ini biar gigi tetap putih cemerlang dan nafas tetap segar.
  • Ngemil Biji Bunga Matahari dan Wijen
Anda ingin makan masakan ringan yang rendah kalori sekaligus mempunyai manfaat untuk menciptakan gigi tetap kuat? Biji bunga matahari atau kwaci dan biji wijen yakni pilihan yang pas untuk Anda. Mengonsumsi kwaci sanggup mengurangi amis lisan tidak sedap alasannya yakni masakan tertentu yang Anda makan atau alasannya yakni banyak kuman di dalam lisan Anda. Sedangkan biji wijen mempunyai kandungan kalsium yang sanggup membantu memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Dengan begitu gigi sanggup tetap besar lengan berkuasa dan juga higienis dari plak alasannya yakni tekstur wijen.
  • Produk Olahan Susu
Tips menjaga kesehatan gigi selanjutnya yakni dengan memenuhi kebutuhan kalsium harian. Kebutuhan kalsium pada setiap orang sanggup berbeda-beda tergantung dengan jenis kelamin dan usianya. Susu dan segala produknya merupakan salah satu sumber kalsium yang baik untuk gigi dan tulang. Apabila kebutuhan badan akan kalsium tidak terpenuhi maka badan akan mengambilnya dari cadangan di dalam tulang dan gigi. Hal ini apabila terjadi terus menerus tentu akan menciptakan tulang dan gigi menjadi keropos. (FCW).

Post a Comment

0 Comments