Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyakit Kanker, Pencegahan Dan Pengobatannya


Saat ini penyakit kanker merupakan sebuah penyakit yang paling seram dan mematikan pertama di dunia. Sebenarnya apakah penyakit kanker itu? Penyakit kanker ialah suatu penyakit yang sanggup timbul lantaran terdapat sebuah pertumbuhan yang tidak normal pada sel-sel jaringan badan sehingga ketidaknormalan dari sel-sel tersebut akan bermetamorfosis sebuah sel kanker. Sel kanker sanggup berkembang dan menyebar pada kepingan badan yang lainnya sehingga akan mengakibatkan ajal bagi penderitanya.

Jenis Penyakit Kanker

Dalam penyakit kanker terdapat jenis-jenis penyakit kanker yang menyerang kepingan badan manusia, di antaranya.
  • Kanker payudara. Kanker ini menyerang kepingan sel jaringan pada payudara. Kanker payudara ini banyak dialami oleh wanita, tetapi ada beberapa perkara yang tercatat jikalau kanker payudara juga sanggup menyerang laki-laki.
  • Kanker serviks. Kanker yang menyerang kepingan verbal rahim ini disebabkan lantaran virus yang berjulukan human papilloma virus (HPV) yang terdapat pada wanita.
  • Kanker rahim. Kanker ini terletak pada sekitar dinding rahim perempuan yang disebabkan lantaran sel-sel yang ada di dalam verbal rahim tumbuh secara abnormal. Sel-sel ini akan mengubah arah menjadi dysplasia atau ganas. Kanker rahim ini menyerang perempuan yang statusnya sebagai sexually active atau sering melaksanakan hubungan seksual.
  • Kanker prostat. Merupakan suatu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat yang terdapat pada kepingan reproduksi laki-laki.
  • Kanker testis. Kanker ini menyerang kepingan buah zakar atau testis laki-laki yang menyerang melalui jaringan epidermis dari skrotum.
  • Kanker Kandung kemih. Sel kanker ini akan tumbuh dan berkembang pada kepingan kandung kemih. Bagian ini berfungsi untuk menyimpan urin dan terletak pada area pinggul.
  • Kanker otak. Pada kanker otak yang akan diserang oleh kanker ialah kepingan luarnya yaitu tiga kepingan selaput otak serta kepingan tulang tengkorak.
  • Kanker tulang. Kanker ini terbentuk pada kepingan tulang manusia. Kebanyakan kanker tulang ini disebabkan lantaran kanker sekunder, yakni terjadi dari metastatis dari kanker yang lain.
  • Kanker paru-paru. Kanker ini akan merusak kepingan fungsi pernapasan yang biasanya dialami oleh seseorang yang mempunyai kebiasaan merokok atau sering menghirup asap rokok.
  • Kanker Usus Besar. Merupakan kanker yang akan menyerang kepingan usus, anal, dan usus buntu. Kanker usus besar disebut juga sebagai kanker kolorektal.
  • Kanker Lambung. Dikenal juga sebagai gastric cancer yaitu kanker yang menyerang kepingan lambung yang akan mengganggu sistem pencernaan anda.
  • Kanker Pankreas. Kanker ini akan terletak pada kepingan lambung tepatnya pada posisi horizontal belakang bawah lambung. Sel-sel eksokrin akan lebih banyak diserang oleh kanker ini.
  • Kanker Hati. Yaitu sebuah penyakit kanker yang akan tumbuh dan berkembang pada area hati. Disebut juga sebagai hepatoma.
Penyebab Penyakit Kanker

Terdapat beberapa penyebab penyakit kanker yang sanggup memicu diri anda terkena penyakit kanker.
  1. Faktor Keturunan. Salah satu penyebab anda lebih berisiko terjangkit penyakit kanker ialah faktor keturunan. Sangat sulit memang untuk menghindari penyakit kanker jikalau keluarga kita mempunyai riwayat penyakit kanker. Untuk sanggup mencegahnya anda harus lebih memperhatikan terhadap faktor lingkungan anda untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.
  2. Faktor lingkungan. Faktor lingkungan ini lebih berisiko dibanding dengan faktor keturunan, alasannya ialah faktor lingkungan ini memang akan selalu ada di sekitar kita. Contoh yang sanggup menciptakan anda lebih berisiko penyakit kanker dari faktor lingkungan ialah banyak mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol. Selain itu makanan yang mengandung banyak pewarna,pemanis,pengawet juga akan menjadi penyebab penyakit kanker. Terutama pada makanan yang sanggup dikonsumsi secara instan akan berdampak jelek pada kesehatan terutama pada penyakit kanker.
  3. Bakteri dan virus. Penyebab lain yang sanggup terjangkit penyakit kanker ialah berasal dari kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh, menyerupai virus papilloma, virus polioma, dan virus hepatitis B dan C.
  4. Polusi dan Radikal Bebas. Sinar ultraviolet A dan B, asap rokok, sampai polusi merupakan sebuah radikal bebas yang sanggup mengakibatkan penyebab penyakit kanker.
Gejala Penyakit Kanker

Adapun gejala penyakit kanker ialah sebagai berikut.
  • Mengalami batuk kronis dan kepingan dada terasa sakit. Selain itu anda akan menjadi demam atau infeksi berkala. Ini merupakan sebuah tanda-tanda penyakit kanker leukemia.
  • Nafas menjadi lebih pendek dan berbunyi. Ini tandanya anda mengalami tanda-tanda penyakit kanker paru-paru.
  • Terjadi pembengkakan pada kepingan leher, kunci paha, dan lengan bawah.
  • Punggung pada kepingan kanan bawah terasa sakit. Gejala ini sanggup memicu terjadinya penyakit kanker payudara.
  • Perubahan yang terjadi pada kepingan kuku. Apabila menjadi pucat tandanya ada kanker hati dan jikalau kuku mengalami titik hitam atau cokelat maka terdapat sebuah kanker kulit.
Stadium Penyakit Kanker 

Untuk memilih stadium penyakit kanker maka memakai sistem standar yang disebut sebagai Stadium Kanker TNM. Pada sistem ini kanker dikategorikan sebagai T, N, dan M.T yang menggambarkan tumor primer. Adapun pembagiannya.
  • -   Tx artinya tumor tak terukur
  • -   To artinya tumor tidak terbukti ada
  • -   Tis artinya kanker belum melaksanakan penyebaran pada jaringan
  • -   T1,T2,T3,T4 artinya ukuran tumor dan level invasi kanker terhadap jaringan sekitarnya
Tips Mencegah Kanker

Berikut ini beberapa tips pencegah penyakit kanker
  • -    Tidur cukup dan berolahraga secara teratur
  • -    Mengonsumsi makanan yang bergizi dan hindari lingkungan yang penuh polusi dan radiasi
  • -    Mengontrol secara rutin kadar insulin dan letin
  • -    Jangan terlalu sering memakai teknologi yang sanggup menciptakan rusak jaringan tubuh 
Mengobati kanker

Terdapat 2 cara untuk mengobati penyakit kanker yaitu dengan cara mengobati penyakit kanker secara alami dan modern.
  1. Mengobati dengan cara alami. Untuk cara mengobati penyakit kanker alami anda hanya perlu memakai tumbuhan sarang semut, kunyit putih, kunyit atau kunir, tapak dara, keladi tikus, temu lawak, mengkudu, daun dewa, ceremai, benalu, sirsak, andong merah, delima, teh hijau, bawang putih, kemangi, kapulaga, kayu manis, cengkeh, cocor bebek, serai atau sereh, pacar air, ketumbar, adas, jintan putih dan jintan. Bahan alami ini sangat membantu anda dalam mengobati penyakit kanker secara alami dan pastinya tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal.
  2. Mengobati dengan cara modern. Adapun cara mengobati penyakit kanker modern ialah sebagai berikut.
  • Melakukan pembedahan atau operasi. Cara ini dilakukan untuk mengangkat kanker yang bertujuan menghapus dan membuang semua sel kanker.
  • Melalui Radioterapi. Merupakan sebuah metode yang memakai radiasi dan berfungsi untuk menghancurkan sel kanker yang ada didalam tubuh. Penggunaan Radioterapi ini dengan cara memfokuskan sinar gamma-ray yang mempunyai energy tinggi sehingga akan menciptakan kerusakan pada sel-sel yang akan terbentuk dan mengakibatkan sel tersebut mati.
  • Kemoterapi. dipakai untuk kanker leukemia dan limforma dan teknik pengobatannya memakai materi kimia. Efek samping dari kemoterapi ialah rambut menjadi rontok dengan jumlah yang banyak. (FCW).

Post a Comment

0 Comments