Ticker

6/recent/ticker-posts

Penyakit Ginjal Dan Pencegahannya

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring kotoran atau racun dalam masakan yang masuk ke tubuh kita dan kemudian dikeluarkan melalui air seni. Sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal semoga ginjal sanggup bekerja dengan baik dan maksimal. Bertolak belakang dengan keadaan ginjal yang sehat, tentu Anda pernah mendengar bahkan mengetahui perihal penyakit ginjal? Penyakit ginjal yakni suatu jenis penyakit yang menyerang ginjal dan penurunan fungsi ginjal sehingga ginjal tidak sanggup bekerja secara optimal lagi. Ginjal tidak sanggup lagi menjaga keseimbangan zat kimia dan cairan yang ada dalam tubuh. Biasanya, penyakit ini sering menyerang lanjut usia atau orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan, bawah umur juga mengalami keadaan yang sama. 

Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal sanggup disebabkan lantaran adanya riwayat penyakit serius dalam tubuh seseorang, contohnya penyakit hipertensi, kanker, dan penyakit-penyakit serius lainnya. Lebih jelasnya, berikut yakni beberapa penyebab penyakit ginjal.
  • Adanya riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Adanya riwayat penyakit diabetes.
  • Menderita tumor atau kanker sehingga sel kanker menyebar hingga ke ginjal.
  • Saluran kandung kemih mengalami penyumbatan atau biasa disebut kencing batu.
  • Kelainan yang ada pada sistem autoimun.
  • Adanya kelainan pada organ ginjal, contohnya lantaran adanya kista pada ginjal.
  • Adanya infeksi peradangan lantaran sel penyaringan organ ginjal yang mengalami kerusakan.
  • Adanya penyakit TBC atau penyakit lainnya menyerupai hepatitis, preeclampsia dan penyakit sifilis. 
Selain penyebab, Anda juga perlu mengetahui mengenai gejala-gejala penyakit ginjal semoga lebih waspada dalam mengambil tindakannya. Gejala ini sanggup dikatakan sebagai ciri-ciri penyakit ginjal yang pertanda munculnya penyakit ginjal tersebut. Gejala atau ciri penyakit ginjal yang pertama yakni munculnya rasa nyeri yang sangat andal pada belahan pinggang. Kedua, penderita akan mengalami pembengkakan pada kaki dan juga mata. Ketiga, mengalami rasa sakit dikala buang air kecil. Keempat, sering buang air kecil namun air seni yang dikeluarkan hanya sedikit. Dalam keadaan tertentu, hingga pada air seni yang berwarna merah atau darah. Selain itu, tanda-tanda atau ciri sanggup juga dirasakan menyerupai kondisi stamina yang menurun dan tubuh terasa lemas. Nafsu makan juga akan turun menurun, tak jarang penderita hingga muntah atau mual. Ciri lainnya akan terasa parah lagi kalau terasa sesak napas dan tekanan darah terus menurun. Jika Anda atau kerabat Anda mengalami salah satu bahkan banyak ciri-ciri di atas, segera periksakan pada dokter dan ambil tindakan pengobatannya. Pengobatan sanggup dilakukan secara medis maupun tradisional.

Pengobatan Penyakit Ginjal

Sudah banyak diketahui bahwa penyakit ginjal memang belum sanggup disembuhkan secara total, pengobatan atau penanganan yang dilakukan hanya bersifat mengendalikan tanda-tanda dan memperlambat perkembangan penyakit ginjal tersebut. Pada umumnya, tindakan yang biasa dilakukan pada penderita penyakit ginjal yakni dengan melaksanakan haemodialisa atau basuh darah. Alternatif lainnya dengan melaksanakan pencangkokan organ ginjal atau biasa disebut transpalasi ginjal. Selain pengobatan secara medis, terdapat lagi pengobatan secara alami atau tradisional. Berikut yakni bahan-bahan alami yang sanggup dipakai untuk pengobatan penyakit ginjal.
  • Daun sukun
Kandungan dalam daun sukun bermanfaat baik bagi penderita penyakit ginjal. Kandungannya menyerupai , asam hidrosianat dan flavoid dapat mengantisipasi penyakit ginjal semoga tidak perlu dilakukan basuh darah lagi. Kandungan lainnya menyerupai riboflavin dan aseticolin memiliki sifat recovery yang bermanfaat baik bagi kesehatan. Cara yang dilakukan yakni dengan menyeduh 15 gram daun sukun kering dengan satu gelas air mendidih. Diamkan air daun sukun tersebut selama 15 menit dan segera menyaringnya. Ketika meminumnya tambahkan dengan madu secukupnya. Minum sebanyak dua kali sehari.
tannin
  • Daun kumis kucing
Caranya dengan memakai 60 gram daun kumis kucing dengan tambahan 30 gram daun sendok segar, dan 30 gram rumput mutiara segar. Rebus ketiga materi tersebut dengan empat gelas air hingga tersisa dua gelas saja. Saring air rebusan tersebut dan minum sebanyak tiga kali sehari.
  • Alang-alang
Cara yang sanggup dilakukan yakni dengan merebus 120 gram alang-alang dengan tiga gelas air. Anda harus merebus hingga tersisa satu gelas. Satu gelas air rebusan tersebut dibagi menjadi tiga dan diminum 3 kali dalam sehari.

Pencegahan Penyakit Ginjal

Pembahasan mengenai pengobatan di atas, semoga sanggup bermanfaat bagi Anda semua. Namun ada baiknya, kita melaksanakan pencegahan semoga tidak terkena penyakit ginjal. Seperti pepatah bijak menyampaikan bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Makara kita perlu melaksanakan referensi atau gaya hidup sehat dalam rangka pencegahan penyakit ginjal.
  • Mengurangi asupan garam ke dalam tubuh
Garam merupakan salah satu zat yang sanggup meningkatkan kadar natrium. Kadar natrium yang tinggi berpotensi membentuk kerikil ginjal sehingga rawan dalam terkena penyakit ginjal. Sebaiknya hindari asupan garam yang berlebih pada masakan yang dimakan.
  • Banyak meminum air putih setiap harinya
Air putih baik untuk kesehatan. Di sini, air sanggup membantu ginjal untuk membuang racun dalam tubuh. Ingatlah, bahwa cairan yang cukup dan tidak kekurangan cairan tubuh merupakan hal penting bagi kesehatan ginjal Anda.
  • Tidak menahan buang air kecil
Kebiasaan menahan buang air kecil mempunyai efek jelek dalam munculnya penyakit ginjal. Dalam hal ini, dikala dilakukan penyaringan darah, jumlah cairan yang berlebihan akan disimpan dalam kandung kemih yang tentunya perlu untuk segera dibuang. Jika tidak segera dibuang maka akan terjadi kendala dalam proses penyaringan darah tersebut. Kita ketahui bahwa ginjal merupakan organ yang berperan dalam proses penyaringan darah tersebut.
  • Pola makan yang benar dan teratur
Hindari jenis masakan yang cepat saji atau junk food lantaran organ tubuh termasuk ginjal akan sulit dan bekerja keras dalam melaksanakan pencernaannya dalam tubuh. Jenis masakan yang dianjurkan di antaranya yakni buah-buahan (semangka dan jeruk baik bagi kesehatan ginjal), sereal, dan ikan.
  • Meminum minuman yang sehat
Selain air putih, minuman sehat lainnya dibutuhkan dalam pencegahan penyakit ginjal. Misalnya jus buah orisinil tanpa tambahan gula. Selain buahnya yang menyehatkan, bentuk jus yang cair ini sanggup membantu dalam menjaga kesehatan ginjal.
  • Menghindari kebiasaan merokok dan alkohol
Mengonsumsi alkohol dan merokok sanggup menurunkan fungsi ginjal dan tentunya akan berdampak jelek bagi kesehatan.
  • Melakukan olahraga rutin
Lakukanlah olahraga secara rutin semoga kesehatan ginjal tetap terjaga. Selain itu, dengan olahraga juga sanggup menjaga berat tubuh yang ideal lantaran orang yang kelebihan berat tubuh (obesitas) berisiko dua kali lipat dalam terkena penyakit ginjal.
  • Menghindari konsumsi obat tanpa penyaranan dari medis
Obat yang masuk ke dalam tubuh akan melewati organ ginjal untuk menyaringnya. Jika meminum obat dengan takaran yang salah dan tidak sesuai dengan medis, sanggup meningkatkan racun dalam ginjal. (FCW).
  • Tidak sembarang mengonsumsi perhiasan atau jamu
Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya, kalau salah dalam mengonsumsi perhiasan atau jamu akan merusak organ ginjal dan berdampak pada penyakit ginjal itu sendiri.
Sayangi dan jagalah organ ginjal Anda, maka Anda pun akan menikmati kesehatan Anda.

Post a Comment

0 Comments