Ticker

6/recent/ticker-posts

Obat Diabetes

Kendati populer, belum semua orang tahu apa penyakit diabetes itu sebenarnya. Padahal, Indonesia masuk ke daftar sepuluh besar negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Menurut data dari Federasi Diabetes Internasional pada tahun 2013, ada sekitar 8,5 juta orang yang menderita diabetes di Indonesia. Rentang usianya pun semakin beragam, yaitu antara 20 hingga 79 tahun. Mirisnya, kurang dari setengah dari jumlah penderita tersebut yang menyadari penyakit tersebut.

Untuk mengenal dan mencegahnya, mari kita simak pemaparan seputar diabetes di bawah ini.

Jenis Penyakit Diabetes

Ada jenis-jenis penyakit diabetes yang perlu Anda ketahui, alasannya tanda-tanda dan cara pengobatannya pun akan berbeda. Diabetes dibagi menjadi dua tipe, yakni diabetes tipe satu dan diabetes tipe dua. Penderita diabetes tipe 1 biasanya berusia di bawah 40 tahun dan terjadi pada bawah umur hingga remaja. Diabetes ini umumnya merupakan bawaan dari anggota yang punya penyakit ini dan amat tergantung dengan suntikan insulin. Sebab, sebagian pankreas mereka sudah tidak sanggup memproduksi insulin lagi.

Karena keterbatasan insulin, sistem imun tubuh mereka akan memusnahkan sel-sel pankreas yang bertugas menciptakan insulin. Maka dari itu, kadar glukosa dalam tubuh mereka akan meningkat tajam dan menjadikan kerusakan pada sebagian organ di dalam tubuh. Kendati demikian, jumlah penderita diabetes tipe 1 sangat jarang. Dua dari sepuluh orang penderita biasanya terserang diabetes tipe 1.

Sedangkan diabetes tipe 2 mempunyai jumlah penderita yang lebih banyak dan di Indonesia, sekitar 80 persen penderita diabetes terserang tipe 2. Berbeda dengan tipe 1, penderita diabetes tipe 2 tidak hingga ketergantungan insulin. Namun, jumlah produksi insulin yang kurang menciptakan tubuh mereka menjadi kurang peka terhadap insulin (resistensi). Karena diabetes tipe 2 gres muncul ketika sudah parah, Anda mungkin tidak akan menyadarinya di tahap awal. Supaya tidak terlena, jangan hingga lengah dalam menjaga kesehatan.
   
Gejala dan Pencegahan

Salah satu gejala umum yang dialami penderita diabetes yaitu meningkatnya frekuensi buang air kecil. Padahal, selain itu, ada serangkaian tanda-tanda yang tampak umum dan Anda kadang salah mengartikannya sebagai tanda diabetes. Di antaranya yaitu kerap merasa haus dan lapar, berat tubuh yang turun drastis, pandangan yang mulai mengabur, serta gampang kelelahan. Gejala pun akan terus berkembang bila penyakitnya tidak segera ditangani, menyerupai luka yang sukar dan nanah di beberapa penggalan tubuh.

Untuk menurunkan peluangnya, pencegahan penyakit diabetes sanggup dilakukan dengan cara-cara mudah. Di antaranya yaitu penerapan contoh gaya hidup yang sehat, menyerupai tidak melewatkan sarapan dan mengurangi makanan kaya lemak. Kelola stres, lantaran akan besar lengan berkuasa pula terhadap kadar glukosa Anda. Kemudian, pastikan porsi tidur Anda juga cukup. Jangan ragu melaksanakan tes untuk mengetahui kadar gula darah Anda.

Pengobatan

Jika divonis kena diabetes, Anda sanggup melaksanakan pengobatan secara alami atau pertolongan medis. Anda sanggup menciptakan obat diabetes alami dengan buah dan tumbuh-tumbuhan menyerupai mengkudu, kunyit, mahkota dewa, brotowali, hingga daun kemangi. Cara mengolahnya pun terbilang gampang dan sebagian besar sanggup dibentuk jadi minuman.

Sedangkan secara medis, Anda sanggup mengonsumsi obat diabetes apotik. Ada lima tipe yang beredar, yaitu sulfonilurea, biguanida, inhibitor alfa glukosidase, thiazolidindion, dan miglitinida. Beberapa obat dari apotik mempunyai efek samping menyerupai berat tubuh meningkat dan hipoglikemia. Jadi, pastikan Anda konsumsi sesuai dosis. (FCW).

Post a Comment

0 Comments